Tips Untuk Wanita Kantoran

Apakah Anda adalah wanita kantoran atau wanita karir. Berikut beberapa tips kesehatan buat Anda. Boleh saja Anda mengaku memiliki daya tahan tubuh kuat. Namun sebagai perempuan bekerja dengan aktivitas yang padat, sistem pertahanan tubuh tidak akan menghasilkan daya tahan tubuh kuat jika Anda tidak memiliki gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Semakin Anda sibuk beraktivitas baik itu tuntutan pekerjaan, anak-anak dan kebutuhan pribadi, akan semakin sulit mencari waktu untuk memperhatikan apa yang Anda makan. Padahal dari makanan itu, Anda mendapat energi dan kekuatan untuk menangkal penyakit.

Nah, berikut kiat yang bisa dilakukan Anda agar Anda tetap bisa sehat bahkan di saat waktu tersibuk Anda.

  1. Minum susu atau tablet kalsium. Kalsium dapat membantu mengatasi PMS (pre menstrual syndrome), tekanan darah tinggi dan osteoporosis. Minumlah air putih yang banyak bersama dengan kalsium.
  2. Multivitamin. Multivitamin atau suplemen memiliki manfaat yang cukup tinggi. Mereka yang biasa mengonsumsi mineral suplemen atau multivitamin secara teratur setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung atau kanker. Keuntungan lainny adalah folic acid dalam multivitamin Anda lebih mudah diserap tubuh.
  3. Sarapan dengan 7 gr sereal. Maksudnya adalah 7 gram serat setiap penyajian. Sereal baik karena Anda akan mendapatkan kandungan serat yang banyak dalam porsi kecil.
  4. Air, air dan air. Selalu menyempatkan banyak minum air putih. Kurang cairan / dehidrasi menyebabkan Anda mudah letih, kurang konsentrasi dan sakit kepala.
  5. Jangan lupa sediakan makanan ringan yang menyehatkan: Apel. Bawa 1 apel dan letakkan di tempat yang terlihat. Jadikan apel tersebut satu-satunya makanan yang terlihat oleh Anda. Sebuah penelitian mengungkapkan mereka yang mengonsumsi 1 apel sehari lebih memiliki pertahanan tubuh lebih baik terhadap polusi udara. Kacang. Kacang kaya akan lemak tak jenuh(tidak menaikan kadar kolesterol buruk), vitamin E, dan magnesiaum. Sebuah penelitian menyebutkan mengonsumsi segenggam kecil kacang 4 – 5 kali seminggu cenderung memiliki hidup lebih lama. Tetapi hati hati terhadap yang alergi, karena dapat menimbulkan jerawat
  6. Tidak masalah jika Anda telah membawa bekal makan siang yang tentunya sudah Anda persiapkan dengan baik di rumah. Namun, jika Anda ingin makan makanan cepat saji (sesekali), cobalah tip berikut.
  • Jika Anda memesan pizza, perbanyak saos tomat namun kurangi keju. Saus tomat terbuat dari tomat masak yang dipercaya mengurangi risiko terkena kanker. Ini juga berlaku bagi makanan cepat saji lainnya.
  • Hindari MSG yang terlalu banyak pada tiap masakan.
  • Pilihlah lebih banyak sayur, buah dan yang bukan gorengan.
  • Cobalah pasta dan spaghetti sebagai pengganti nasi, karena mereka adalah golongan karbohidrat kompleks, yang membuat stamina tahan lebih lama, dan tidak membuat mengantuk di siang hari.
  1. Jika Anda merasa masih lapar. Anda bisa kembali mengonsumsi apel Anda sebagai camilan sore.
  2. Saat sore pulang kantor, terjebak kemacetan di jalan dan Anda sudah lapar. Mampirlah ke supermarket atau restoran cepat saji terdekat. Pesan beberapa makanan yang dapat memberikan Anda energi tambahan untuk pulang. Beberapa pilihan:
  • Roti gandum. Pilih roti yang menyebutkan ‘whole wheat bread’. Roti ini mengandung banyak serat.
  • Pilihlah Dessert buah seperti blueberries, strawberries, blackberries kaya alan serat dan antioksidan. Jangan lewatkan!
  • Jika Anda memesan makanan di restoran cepat saji, pesanlah porsi setengah di kemasan take away. Jika tidak bisa, minta mereka untuk membaginya dalam dua kemasan. Dengan begitu Anda tidak ‘wajib’ menghabiskan satu porsi semuanya.
  1. Di malam hari, saat hari anda telah berakhir, tidak ada salahnya untuk menutup hari ini Anda:
  • Cokelat panas dan susu. Mengonsumsi cokelat panas (tanpa lemak tentunya) karena cokelat mengandung antioksidan lebih tinggi daripada teh.
  • Susu dengan kandungan kalsiumnya, mempermudah anda untuk tidur nyenyak.
  • Air putih. Setelah Anda menggosok gigi, minum kembali air putih. Yup! Lebih banyak air putih lebih baik.

     

tips dikutip dari dokter sonia wibisono blog.

/

www.unikunik.web.id | Copyright © 2012