Trik Mengatasi Cemburu Yang Berlebihan

Anda seorang pencemburu? Jika cemburu datangnya hanya sesekali, tentunya cemburu itu wajar karena bisa mempererat suatu hubungan. Tapi jika cemburu sudah kelewatan dan membuat Anda jadi marah dan tidak rasional, itu cemburu membahayakan suatu hubungan, bisa-bisa karena kemakan api cemburu hubungan Anda dan pasangan bisa terancam. Bagiamana cara meredam cemburu Anda yang tidak rasional?

Jangan cepat mengambil keputusan

Jangan persepsikan kecemburuan Anda sebagai salah satu kesalahnnya. Sikapi rasa cemburu Anda dari sudut yang positif, jangan langsung mengambil kesimpulan, sebelum Anda mempunyai alasan ‘mengapa Anda cemburu?’, tanya kan pertanyaan itu dalam diri Anda, dan jawab dengan rasional.

Tanyakan pada pasangan

Belum tentu kecemburuan Anda itu adalah benar, sebelum mengambil kesimpulan ada baiknya Anda menanyakan langsung pada pasangan. Buat pasangan mengakui apa yang ia rasakan dan alami. Jangan jadikan kecemburuan Anda jadi salah satu bumerang yang nantinya akan membahayakan hubungan Anda

Cemburu = Sayang

Semua orang tahu, bahwa rasa cemburu adalah salah satu pengaplikasian dari rasa cinta dan sayang dari pasangan. Hubungan tanpa cemburu, sama saja sayur tanpa garam. Tidak adanya konflik dalam satu hubungan tentunya akan terasa datar. Anda boleh cemburu dan mengaplikasikan rasa tersebut dengan lebih bijak. Ajak bicara pasangan, jangan langsung menerka sendiri perasaan yang sedang Anda alami. Belum tentu kecemburuan Anda benar. Kendalikan rasa cemburu Anda dengan lebih bijak, jangan sampai pasangan berpaling karena sikap Anda yang pencemburu.

Berpikir positif

Tidak satu pun orang akan merasa nyaman jika hatinya dilanda cemburu. Untuk meredamnya, sebaiknya berpikirlah positif, pikirkan hal-hal yang bisa membuat Anda tidak terlalu terjebak dalam kecemburuan Anda, misalnya, ingatkan diri Anda bahwa pasangan mencintai Anda setulus hati dan sudah berkomitmen pada hubungan Anda berdua serta mencintai dan menghargai Anda. katakana pada diri Anda bahwa Anda orang yang pantas dan menarik, pantas disayang dan dicintai serta tidak ada yang perlu ditakuti ada seseorang akan mengambil hatinya, karena dia sangat mencintai Anda

Bersikaplah tenang

Perasaan tenang akan membawa Anda pada keadaan positif. Salah satu cara yang terbaik untuk meredam emosi adalah bersikap tenang, begitu juga saat menanyakan pada pasangan. Pastikan saat Anda menanyakan tidak dengan emosi yang meletup-letup, tidak dengan mengomel, atau menggertak pasangan. Katakan dengan tenang pada pasangan, tentang perasaan yang tengah membuat Anda tidak nyaman, minta dia untuk membantu mengatasi masalah yang Anda rasakan.

Jika Pasangan Yang Cemburu?

Cemburu bumbu hubungan

Melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Jangan lupa bahwa cemburu merupakan salah satu tanda dari cinta. Bila pasangan tidak ada artinya bagi Anda, maka Anda tidak akan memiliki masalah ini. Daripada berusaha membela diri, lebih baik mencoba untuk mengerti dan memberikan dukungan.

Introspeksi diri

Koreksi sikap. Bila Anda menyadari bahwa beberapa sikap Anda dapat membuat pasangan cemburu, ubahlah sikap tersebut. Pastikan untuk berkomitmen dengan perjanjian yang Anda berdua buat serta hindari membuat janji yang Anda tidak yakin dapat dijalani.

Yakinkan pasangan

Jangan lupa menggunakan setiap kesempatan untuk mengatakan kepada pasangan, betapa Anda mencintainya dan mengapa Anda memilih dia sebagai kekasih / pasangan hidup dan bukan orang lain. Berikan banyak pujian dan bicarakan mengenai masa depan yang cemerlang yang akan Anda berdua jalani.

Redam rasa cemburu dengan positif, dengan :

  • Tenangkan diri Anda dengan minum air putih minimal tiga gelas. Tarik napas secara perlahan dan hebuskan kuat lewat mulut, hal ini bisa meradam emosi Anda sementara. Lakukan cara tersebut jika emosi cemburu masih terasa.
  • Mendengarkan lagu bisa jadi alternatif untuk meluapkan emosi cemburu. Dengarkan lagu-lagu favorit Anda, dan ikutlah bernyanyi. Luapkan emosi Anda lewat lantunan lagu yang Anda dengarkan. 
  • Alihkan cemburu Anda dengan memikirkan hal-hal positif, misalnya lebih fokus memikirkan karier atau masa depan Anda, pikirkan apa yang belum dicapai dan rencanakan untuk pencapaiannya.
  • Pergilah kesuatu tempat untuk merenung. Bebaskan pandangan Anda kesegala arah, misalnya Anda memilih pantai, hiruplah udara dan nikmatilah suasana dan usir cemburu dengan menikmati keindahahan alam sekitar.
  • Saat Anda merasa cemburu dan marah, sebaiknya hindari makan secara berlebihan. Jangan tambah masalah Anda dengan banyak mengkonsumsi makanan yang akhirnya Anda bisa jadi gemuk.
  • Nostalgia dengan teman lama. Berbagilah dengan mereka, dengan begitu masalah Anda akan terasa ringan. Minta pendapat mereka soal perasaan Anda.
    Jangan lupa berdoa dan pasrahkan seluruh keadaan pada Tuhan. Mintalah petunjuk langkah apa yang harus ditempuh untuk mengatasi masalah cemburu anda.
/

www.unikunik.web.id | Copyright © 2012