Tips Hemat Belanja Baju Anak

Tips Hemat Belanja Baju Anak

Kadang kita ( biasanya kaum ibu) di dalam berbelanja lupa akan rambu-rambu, kadang asal beli, yang sekiranya cocok, ambil saja. Apalagi kalau lihat tulisan discount up to 50% - 70%, big sale, dan tulisan menarik lainnya yang dicetak gede dengan warna mencolok, wah....langsung di serbu deh....
Padahal tujuan semula bukan mau beli itu, malah kebeli barang yang belum tentu digunakan dengan segera. Atau mungkin malah sudah punya barang yang sama di rumah.

Nah agar terhindar dari hal-hal di atas, berikut ini tips yang perlu diperhatikan agar kita bisa berhemat dalam memilih baju buat anak-anak ( buat orang dewasanya nanti menyusul), yaitu:

1. Pastikan anak menyukai bajunya sehingga dia mau memakainya.
2. Cari tempat yang menjual baju anak dengan harga terjangkau.
3. Beli satu ukuran lebih besar dibanding ukuran badannya saat ini.
4. Sebelum dibeli, cobalah terlebih dahulu.
5. Telitilah baju, untuk menghindari kemungkinan ada cacat.

Pembahasan:

1. Pastikan anak suka dan mau memakainya
Sebenarnya ini aturan mendasar dalam berbelanja busana. Kita sendiri juga tak mau mengenakan busana yang tak kita sukai, bukan? Kesalahan yang sering terjadi, ibu-ibu main beli saja tanpa memikirkan anaknya suka atau tidak. Padahal, sejak mulai bisa menyatakan pendapatnya, anak sudah bisa menentukan baju apa yang ingin dipakainya. Mubazir, kan, kalau beli banyak-banyak tapi selera anak cuma tertentu saja?
Jadi, sedapat mungkin ajak dan libatkan anak saat membeli baju. Kalau tak memungkinkan, kenali tokoh kesayangannya, warna favoritnya, gambar yang disukainya. Pokoknya, semua yang berkaitan dengan kesukaannya. Anak punya selera sendiri dan mungkin bisa kita turuti.
Kecuali kalau menurut kita tidak pantas, bisa kita arahkan. Tapi yang terpenting, beli busana yang sesuai dengan selera anak sehingga tak mubazir.

2.Harga terjangkau
Tips kedua yang harus diperhatikan, cari toko atau tempat yang menjual baju dengan harga terjangkau. Jangan sampai sudah diajak ke mal, anak ngotot minta sementara dana tak cukup. Ingat, konteks kita adalah bagaimana bisa hemat berbelanja baju anak.
Biarkan anak memilih baju sesuai seleranya. Kalau si kecil bingung, beri alternatif pilihan. Ini juga berlaku jika pilihan anak tak sesuai dengan Anda.

3. Satu ukuran lebih besar
Selama baju itu tidak kedodoran, membeli satu ukuran lebih besar dari badannya sekarang ini, paling tidak bisa membuat baju dipakai sedikit lebih lama.

4. Dicoba terlebih dahulu
Biasanya di toko-toko disediakan kamar pas ( fitting room) untuk mencoba baju yang mau kita beli. Setelah dicoba, kita bisa tahu, cocok tidak sama badan si anak. Ini juga untuk menghindari agar tidak perlu menukar baju yang sudah kita beli, jadi menghemat waktu juga. Kalau di Indonesia boleh tidak sih baju yang sudah dibeli ditukar lagi? Kalau di Qatar sini boleh, dengan catatan dan batasan waktu tertentu.

5. Telitilah baju
Ini untuk menghindari baju yang kita beli ternyata ada cacatnya. Biasanya juga tersedia beberapa item untuk 1 ukuran, jadi apabila ada yang cacat kita bisa menukarnya sebelum membayar. Kalau barang yang sudah dibeli tidak bisa di tukar dan ternyata ada cacat kan sayang banget? harus beli lagi deh...

Itulah tips yang perlu diperhatikan, bila ada yang kurang silakan tambahkan di kolom komentar. Mudah-mudahan bermanfaat.

Nah, selamat berbelanja baju anak!

/

www.unikunik.web.id | Copyright © 2012